Assalamu'alaikum. Selamat Datang di blog saya yang berjudul Peace, Love and Believe ini. Semoga kita bisa berbagi tentang apa saja.

Minggu, 08 Juli 2012

Integrasi Bangsa Indonesia dengan Teknologi



Perkembangan teknologi yang saat ini terjadi di seluruh dunia membawa banyak dampak positif bagi kehidupan manusia. Efektivitas dan efisiensi waktu, tenaga dan biaya merupakan satu dari sekian banyak keuntungan penggunaan teknologi. Manusia seakan dimanjakan dengan munculnya berbagai varian kemuajuan teknologi. Diberbagai sisi kehidupan, teknologi telah membawa kemudahan bagi manusia.

Jika kita flashback kebelakang, mungkin kita masih mengingat beberapa dekade yang lalu kita masih sangat mengandalkan surat manual untuk memberi kabar atau sekedar berbasa basi kepada kolega kita yang berada sangat jauh dari kita. Prosesnya pun klasik dan sangat panjang. Mulai dari menulis surat, membeli amplop, membeli perangko, lalu kemudian dikirim via kantor pos. Proses ini membutuhkan tenaga, biaya dan waktu yang cukup lama. Semakin jauh jarak tinggal kolega dengan tempat kita berdomisili, maka semakin lama pula surat yang dikirimkan sampai ditujuan, mungkin beberapa hari bahkan beberapa minggu. Sesampainya surat ditujuan, surat tersebut akan dibaca oleh si penerima. Setelah dibaca, kemungkinan besar surat itu akan dimasukkan ke dalam tempat sampah oleh penerima, karena penerima belum atau tidak memiliki waktu luang untuk membalas surat tersebut.

Saat ini, kondisi demikian sudah sangat susah dijumpai, bahkan boleh dikatakan tidak ada sama sekali. Orang-orang lebih memilih untuk saling bertegur sapa melalui Email, SMS, hingga melalui social media yang memanfaatkan jaringan data. Dimanapun, kapanpun dan dalam keadaan bagaimanapun kita tetap dapat saling bersilaturahmi dengan saudara dan rekan kita diseluruh pelosok negeri dengan menggunakan teknologi tersebut.

Memang tak bisa dipungkiri, perkembangan teknologi telekomunikasi dan informasi merupakan salah satu teknologi yang perkembangannya sangat pesat. Di Indonesia, setidaknya terdapat 12 operator yang menjual jasa telekomunikasi, disamping kehadiran puluhan pabrikan yang memproduksi gadget yang menawarkan harga murah dengan feature lengkap, seperti easily access ke social media, messenger, hingga video call. Video call ini memungkinkan kita melakukan panggilan telepon sembari bertatap muka langsung dengan orang yang ditelepon.

Kemunculan social media seperti Facebook dan Twitter seakan menjadi pembuka jalan bagi bukan saja kaum urban tetapi juga masysrakat pedesaan untuk saling mengenal dengan orang-orang yang jaraknya puluhan ribu kilometer bahkan yang berada dibelahan bumi lain dengan bahasa dan budaya yang juga berbeda. Dengan kata lain, saat ini jarak bukanlah merupakan suatu masalah besar untuk membangun hubungan komunikasi antar sesama manusia.

Perkembangan informasi melalui media internet di Indonesia juga mulai semakin meluas. Portal-portal berita yang dulunya sangat minim, kini semakin mudah dijumpai di Internet. Pengunjungnya pun semakin meningkat. Hal ini menunjukkan bahwa gaya hidup masyarakat Indonesia mulai bergeser dari manual ke digital, dari dunia yang serba fisik beralih ke dunia maya, dengan suguhan yang lebih kreatif, variatif dan tentu saja lebih inovatif. Salah satu portal yang menyediakan berbagai informasi seputar perkembangan teknologi adalah PusatTeknologi. PusatTeknologi menyediakan informasi dan berita terbaru dan yang paling hangat di sekitar kita. PusatTeknologi merupakan referensi berita terbaru dan penting, juga menyediakan berbagai tips dan trik tentang teknologi.

Selain itu, kehadiran web site blog juga memberi dampak positif bagi anak bangsa. Kita dapat mengasah kemampuan menulis yang mungkin terakhir kali kita lakukan semasa SD, saat guru memberi tugas mengarang pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dengan usia yang semakin bertambah, mungkin saja kita memiliki hal yang sangat ingin kita abadikan melalui "goresan" tangan, apakah itu hal-hal menarik, kegalauan hati, atau bahkan sekedar sharing mengenai ilmu pengetahuan yang kita miliki. Semua dapat kita "goreskan" di halaman situs blog kita.

Kehadiran wadah atau komunitas bagi para blogger (sebutan bagi mereka yang mengelola situs blog) untuk membagi informasi seputar blog juga merupakan suplemen tersendiri bagi blogger. Seperti halnya komunitas Ngawur yang merupakan sebuah gerakan para blogger Jawa Timur yang dimulai sejak Januari 2011. Melalui komunitas ini, para pendiri komunitas Ngawur mengajak mbak-mbak, mas-mas, paklek, bulek dan kawan-kawan blogger Jawa Timur untuk saling bertukar ilmu mengenai blog. Dalam skala lebih luas, kehadiran blogger Nusantara diharapkan menjadi perkumpulan blogger lintas daerah yang memiliki semangat kebersamaan dan kekeluargaan sehingga dapat menguragi silo-silo kedaerahan dalam diri para blogger yang pada akhirnya dapat mempersatukan masyarakat Indonesia.

 Blogger Nusantara               Komunitas Ngawur

Banyak hal positif yang bisa kita capai dengan kesemua perkembangan teknologi telekomunikasi dan informasi di atas. Jika kita memanfaatkan secara baik, maka sebenarnya kita dapat lebih memperkuat jalinan persaudaraan antar sesama rakyat Indonesia hingga tujuan integrasi bangsa Indonesia dapat dicapai. Contoh nyata yang telah kita lihat dan alami yaitu gerakan koin untuk Prita. Gerakan ini didasari oleh ketidakpuasan masyarakat terhadap penegakan hukum di Indonesia, yang hanya "berani" melakukan penindakan terhadap rakyat kecil. Hampir seluruh elemen masyarakat Indonesia bersatu mendukung gerakan ini melalui facebook dan melakukan pengumpulan koin untuk diserahkan ke Prita. Hingga akhirnya kemenangan berpihak pada Prita. Kemenangan ini adalah kemenangan rakyat Indonesia secara umum. Contoh terakhir adalah pengumpulan koin untuk KPK yang juga menyebar melalui social media. Gerakan ini didasari karena KPK yang meminta gedung baru, namun belum atau tidak disetujui oleh DPR-RI. Secara spontan masyarakat bergerak cepat, menyebarkan informasi melalui berbagai media terutama facebook dan twitter. Mereka bergerak mengumpulkan koin untuk membantu biaya pembangunan gedung baru KPK dan hingga saat ini, gerakan tersebut masih berlangsung.

Jadi pada dasarnya, teknologi memberi manfaat luas bagi masyarakat, khususnya dalam rangka memperkuat integritas bangsa, asalkan dipergunakan secara baik, benar dan bijak.

5 komentar:

  1. wah, sukses selalu kang.. :)

    BalasHapus
  2. Selamat mengikuti lomba.
    salam kenal.
    ditunggu ya kunjungan baliknya , ,
    Makasih ^.^

    BalasHapus
  3. Selamat mengikuti lomba.
    salam kenal.
    ditunggu ya kunjungan baliknya , ,
    Makasih ^.^

    BalasHapus
  4. Terima kasih ya gan atas artikelnya, thanks for sharing :)

    BalasHapus