Assalamu'alaikum. Selamat Datang di blog saya yang berjudul Peace, Love and Believe ini. Semoga kita bisa berbagi tentang apa saja.

Rabu, 03 Februari 2010

Pengkabelan Ethernet

Pengkabelan Ethernet merupakan bahasan yang penting, terutama jika ingin menjadi administrator jaringan. Langsung saja, jenis-jenis kabel Ethernet yang tersedia adalah :
  • Kabel lurus (straight through)
  • Kabel silang (crossover)
  • Kabel rolled
Kabel lurus digunakan untuk menghubungkan Host ke switch atau hub dan router ke switch atau hub. Empat kawat digunakan dalam kabel lurus untuk menghubungkan peralatan Ethernet. Kabel ini relatif mudah untuk dibuat, gambar berikut akan menunjukkan ke-4 kawat yang digunakan dalam kabel Ethernet lurus.

Perhatikan bahwa hanya pin 1,2,3 dan 6 yang digunakan. Cukup hubungkan 1 dengan 1, 2 dengan 2, 3 dengan 3 dan 6 dengan 6, dan Anda akan siap dengan jaringan Anda. Namun perlu dingat bahwa ini hanya akan menjadi kabel Ethrnet saja, dan tidak akan bekerja dengan voice, token ring dan lain-lain.

Kabel Silang dapat digunakan untuk menghubungkan :
  • switch ke switch
  • hub ke hub
  • host ke host
  • hub ke switch
  • router langsung ke host
Menggunakan empat buah kawat yang sama dengan kawat-kawat yang digunakan pada kabel lurus, namun dengan cara menghubungkan pin yang berbeda.

Kabel rolled Meskipun kabel Rolled tidak digunakan untuk menghubungkan koneksi di jaringan Ethernet, tapi tipe ini digunakan untuk menghubungkan sebuah host dengan port komunikasi serial dari konsol router.

Jika Anda memiliki router atau switch cisco, Anda akan menggunakan kabel ini untuk menggunakan PC Anda yang sedang menjalankan Hyperterminal dengan perangkat keras cisco. Delapan kabel digunakan dalam kabel ini untuk menghubungkan peralatan serial, meskipun tidak semuanya untuk mengirim informasi, seperti di jaringan Ethernet.

Ini mungkin kabel yang paling mudah dibuat, karena Anda hanya perlu memotong salah satu ujung kabel lurus dan membalik posisi kawatnya.

1 komentar:

  1. mantab infonya...makasih infonya....keep posting bro

    BalasHapus